Saturday, March 21, 2015

CONTOH TERM OF REFERENCE




Term of Reference
PELATIHAN PENDAMPINGAN PARTISIPATIF UNTUK KEWIRAUSAHAAN SOSIAL

Latar Belakang
Pendekatan “partisipasi”, “partisipatif” atau “partisipatory” sudah cukup lama populer dan mengalami  perkembangan pesat dalam kurun waktu 20 tahun terakhir ini, khususnya dalam isu pelatihan untuk menciptakan dan mengembangkan kapasitas dan pemberdayaan masyarakat.  Di lingkungan masyarakat dengan kondisi sosial, budaya dan ekonomi yang unik, pendekatan partisipatif penting dilakukan untuk meningkatkan Pengetahuan, Keterampilan dan Perubahan Sikap.
Didalam pendekatan ini, para peserta diperlakukan sebagai narasumber utama, dengan mengali potensi Cipta, Rasa dan Karsa sehingga menghasilkan Karya (Produk) yang bersumber dari pengalaman pribadi mereka dalam proses pemberdayaan yang digunakan sebagai sumber informasi utama untuk mencapai tujuan pembelajaran. 
Proses partisipasi itu sendiri merupakan keterampilan yang pada dasarnya dimiliki oleh setiap personal, namun kemampuan ini perlu diolah dan dikomunikasikan untuk menciptakan proses partisipatif  yaitu membangun kepercayaan diri, membangun proses dialog, memberikan pembelajaran dan keterampilan yang dapat diaplikasikan oleh peserta pelatihan dalam proses pendampingan.
Didalam pelatihan ini, peserta pelatihan akan belajar bersama mengenai kemampuan dasar fasilitasi dan pendekatan partisipatif yang dapat diterapkan dalam proses pendampingan masyarakat & Kewirausahaan Sosial sehingga para pendamping akan menjadi lebih baik dan lebih percaya diri.
Bagi lembaga sendiri, pelatihan pendampingan partisipatif bertujuan untuk memperkuat lembaga dan kapastitas SDM sebagai perpanjangan tangan lembaga dalam program pemberdayaan masyarakat. Sedangkan wirausaha sosial sebagai salah satu alternatif untuk keberlanjutan program dan peluang bagi SDM dalam issu pemberdayaan masyarakat melalui “business to business” tanpa mengindahkan issue sosial.
Tujuan
Peserta pelatihan akan memahami prinsip dasar dan teknik menggunakan metode partisipatif  yang praktis dalam proses pendampingan masyarakat.
Topik yang akan dibahas dalam workshop ini  meliputi :
1.      Pengantar fasilitasi dan pendampingan partisipatif.
2.      Pendekatan Wirausaha Sosial
3.      Dasar-dasar komunikasi
4.      Metode pendampingan partisipatif
5.      Teknik pendampingan partisipatif
6.      Praktek atau Demo Fasilitasi

Outputs
Dalam workshop ini, diharapkan peserta akan :
1.      Memperoleh pengetahuan dan keterampilan mengenai metode pendampingan partisipatif dan cara menerapkannya  dalam pendampingan masyarakat & kewirausahaan sosial.
2.      Memperoleh pengalaman menerapkan metode pendampingan partisipatif dalam pendampingan masyarakat.

Manfaat Bagi Peserta
Dalam  pelatihan ini, peserta  akan memperoleh manfaat sebagai berikut:
·        Mengerti dan menyadari potensi dalam proses dan ruang lingkup pendampingan partisipatif
·        Memperoleh referensi dan wawasan mengenai metode partisipatif dalam proses pendampingan.
·        Memperoleh pengalaman dalam simulasi pendampingan partisipatif
·        Peserta  pelatihan akan lebih peka terhadap issu kewirausahaan social sebagai salah satu alternative penunjang keberlanjutan program.



Metode

Studi Kasus dan Diskusi Kelompok,  mengajak peserta untuk mengkritisi kasus dan temuan dalam pendampingan, bertujuan untuk mempertajam analisa pemberdayaan masyarakat.
Curah Pendapat (Brainstroming), Proses kreatif untuk menghasilkan ide-ide peserta yang berkaitan dengan pengalaman dan wawasan pendampingan.

Sumbang Saran, proses berbagi pengalaman antara peserta sebagai sumber pembelajaran dan motivasi mereka dalam pendampingan.

Bermain Peran & Game Simulasi pendampingan, simulasi fasilitasi dan pendampingan untuk berlatih mengenai pendampingan partisipatif.

Latihan, bentuk pembelajaran aktif yang akan mendorong dan mengasah kemampuan peserta untuk  mengembangkan diri terhadap pembelajaran yang telah mereka terima  untuk kemudian diterapkan dalam pendampingan  mereka
Ceramah,  sumber inspirasi dan wawasan dalam pendampingan mengenai pendekatan secara teoritis dan praktis (untuk dapat di implementasikan) dan contoh yang baik (Good practice) dalam melakukan pendampingan partisipatif.

Peserta
Maksimal 20 orang peserta, pelatihan ini bermanfaat bagi peserta yang concern dalam isu pendampingan masyarakat atau perwakilan dari lembaga/institusi yang memiliki program pemberdayaan masyarakat dan wirausaha social.

Tempat & Agenda Pelatihan
Pelatihan diadakan di Hotel Fave Garut, Jalan Cimanuk No. 338, Garut, Jawa Barat, Indonesia. Dilaksanakan selama 3 hari (25-27 Maret 2015) dengan menggabungkan antara pembelajaran melalui diskusi, latihan dan praktek pendampingan. Lihat Rundown.

KURIKULUM PROGRAM PENDAMPINGAN PARTISIPATIF DALAM KEWIRAUSAHAAN SOSIAL

NO
MATA LATIHAN
ISI
1
Pengantar Fasilitasi dan Pendampingan Partisipatif
·         Mengenal topik, tujuan  program pendampingan partisipatif.

2
Karakterisitik Usaha Mikro
·         Hubungan antara pendamping dan usaha mikro.
·         Mengenal karakteristik usaha mikro dan pengusaha mikro.
3
Pendekatan Wirausaha Sosial
·         Mengenal pendekatan wirausaha social.
·         Memahami wirausaha social sebagai salah satu alternative keberlanjutan program.
4
Manajemen dan Keuangan Kewirausahaan Sosial
·         Memperoleh Pengalaman mengenai Manajemen dan Keuangan Kewirausahaan Sosial.
5
Prinsip Dasar Fasilitasi: Komunikasi
·         Teknik Komunikasi non-verbal
·         Teknik Komunikasi verbal
6
Pendampingan Partisipatif Individu
·         Mengenal Pendampingan Partisipatif Individu
·         Prinsip Pendampingan Partisipatif Individu
7
Pendampingan Partisipatif Kelompok
·         Teknik melakukan Pendampingan Partisipatif Kelompok
·         ORID
·         Praktek Pendampingan Partisipatif Kelompok

No comments:

Post a Comment

SURAT LAMARAN KERJA

Sukabumi . 17 Februari 2017 Perihal : Lamaran Kerja Lam     : - KepadaYth : Bapak/ibu Bagian Personalia/HRD PT.  ANGIN RI...