PENGARUH GLOBALISASI TERHADAP
PENDIDIKAN INDONESIA
MATA KULIAH
SOSIOLOGI PENDIDIKAN
DISUSUN OLEH :
KELOMPOK
IV
1.
Asri
Pulungan :
NPM. 072115097
2.
Vera Kusmayanti :
NPM. 072115123
3. Nia Rachmania
S : NPM. 072115074
Program
Pascasarjana
Universitas
Pakuan
Kejujuran,
Integritas, Kreativitas, Kualitas, Harmoni
Jln.
Pakuan Bogor Tlp./Fax. (0251) 8320 123
2015
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan
kehadirat Allah SWT, karena atas berkah dan anugerah-Nya kami dapat
menyelesaikan makalah ini, dengan judul “Pendidikan
dan Globalisasi”. Makalah ini dibuat dalam rangka memenuhi tugas mata
kuliah Sosiologi Pendidikan.
Penyusun mengucapkan terimakasih
kepda semua pihak yang telah membantu secara moral maupun materi selama
penyusunan makalah ini.
Penyusun menyadari bahwa dalam
penyusunan makalah ini masih banyak kekurangan serta masih jauh dari kata
sempurna. Kritik dan saran yang bersifat membangun sangat kami harapkan demi
perbaikan makalah ini.
Semoga makalah ini senantiasa bermanfaat bagi para
pembaca.
Bogor, Oktober 2015
Penyusun
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR
..............................................................................................................
i
DAFTAR
ISI ............................................................................................................................
ii
BAB
I. PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
................................................................................................................1-2
1.2 Rumusan Masalah ...........................................................................................................2-3
1.3 Tujuan
.................................................................................................................................3
BAB II. PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Pendidikan
2.2 Pengertian Keterampilan Hidup
2.3 Jenis- jenis Keterampilan Hidup
2.4 Hubungan Pendidikan dan
Keeterampilan
BAB III. PENUTUP
3.1 Kesimpulan
........................................................................................................................
3.2 Saran
..................................................................................................................................
DAFTAR PUSTAKA
............................................................................................................
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Pendidikan
Nasional kita berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar RI tahun 1945 yang
berakar pada nilai-nilai agama, kebudayaan nasional Indonesia dan tanggap
terhadap tuntutan zaman. Maka Pendidikan Nasional kita diharapkan sebagai
cahaya penerang yang berusaha menuntun manusia dalam menentukan arah, tujuan
dan makna kehidupan ini. Manusia sangat membutuhkan pendidikan melalui proses
penyadaran yang berusaha menggali dan mengembangkan potensi dirinya. Proses
yang dilakukan ini tidak hanya sekedar untuk mempersiapkan manusia agar dapat
menggali, menemukan, menempa potensi yang dimiliki, namun juga untuk
mengembangkannya.
Dalam mencapai tujuan
pendidikan tersebut banyak mengalami tantangan baik yang berasal dari dalam
(sistem pendidikan) maupun dari luar salah satunya adalah globalisasi.
Globalisasi mempengaruhi hampir disemua aspek kehidupan yang ada di masyarakat,
termasuk diantaranya aspek pendidikan yang banyak diterima, diucapkan di dunia
pendidikan. Dilihat dari kepentingan nasional, globalisasi pendidikan itu lebih
banyak ruginya dari pada untungnya. Sebab jika Indonesia menerima globalisasi
pendidikan, dapat dipastikan akan mengakibatkan dampak yang sangat luas dalam
pelaksanaan pendidikan. Dalam berbagai hal pendidikan nasional kita masih jauh
tertinggal dibanding pendidikan di Negara-negara maju.
Walaupun
demikian pemerintah kita tidak tinggal diam, terlebih pendidikan di Indonesia
menjadi tanggung jawab pemerintah guna terus mengadakan perubahan.
Perubahan adalah sesuatu yang tidak dapat dihindari dalam kehidupan. Setiap
perubahan akan diimbangi oleh perubahan lainnya. Perubahan dapat terjadi ketika
ada dorongan utama dari luar dirinya, atau perubahan itu terjadi dari luar
dirinya karena makna kehidupan individu dan sifat masyarakat diberi definisi
baru. Dengan pendidikan diharapkan sesorang dapat memperoleh pengetahuan yang
dapat mencerahkan
meskipun, istilah globalisasi telah begitu terkenal, dalam banyak hal awalnya
hampir tidak ada perdebatan ilmiah dan kritis terhadapnya, kecuali doktrin.
Gerakan globalisasi bila ditelusuri telah tumbuh dan mulai
ada sekitar tahun1000 dan 1500 M. Saat itu ditandai dengan adanya interaksi
dalam hubungan antar bangsa di dunia, mulai dari para pedagang Tiongkok dan
India baik melalui jalan darat
(seperti misalnya jalur sutera) maupun jalan laut untuk berdagang. Kaum
pedagang ini selain berdagang, mereka juga menyebarkan nilai-nilai agamanya,
abjad (pendidikan), arsitek (seni), nilai-nilai sosial dan budaya yang mereka
miliki.
Kehadiran globalisasi tentunya berpengaruh
terhadap semua aspek kehidupan suatu Negara termasuk Indonesia. Pengaruh
globalisasi di berbagai bidang kehidupan tersebut di atas akan berpengaruh pula
bagi dunia pendidikan di Indonesia. Yang menjadi perhatian kita dalam hal ini
adalah tentang realitas globalisasi dan bagaimana respon dunia pendidikan kita
terhadapnya, dan bagaimana kita menyiapkan diri untuk menghadapinya, agar dapat
mengambil manfat dari arus globalisasi tersebut.
B. Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah dipaparkan diatas, perumusan masalah yang
akan kami bahas dalam makalah ini adalah :
1. Apa artinya globalisasi dan pendidikan bagi Indonesia ?
2. Apakah dampak globalisasi dalam pendidikan di Indonesia ?
3. Bagaimana model pendidikan di masa depan ?
C.Tujuan
Tujuan dari penulisan ini adalah :
1. Untuk mengetahui arti globalisasi dan pendidikan bagi Indonesia.
2. Untuk mengetahui dampak globalisasi dalam pendidikan di Indonesia.
3. Untuk mengetahui bagaimana model pendidikan di masa depan.
BAB II
PEMBAHASAN
Pada era globalisasi ini,
kemandirian sangat mutlak diperlukan dalam menentukan arah perjalanan sebuah
negara. Dalam kaitan ini, Indonesia harus mereformasi pendidikan yang hingga
hari ini belum mampu membangkitkan bangsa Indonesia dari ketertinggalannya dari
bangsa-bangsa lain. Bila bangsa Indonesia tidak mengantisipasi faktor
pendidikan di era globalisasi ini, akan menjadi ancaman yang mengerikan berupa
runtuhnya tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara dalam arti luas.
Fenomena globalisasi,
yang telah mengubah sedemikian rupa pola perdagangan dunia, informasi dan
komunikasi, serta hubungan perekonomian di akhir abad kedua puluh, membawa
pengaruh perubahan yang sama di bidang pendidikan di awal abad kedua puluh
satu.Pilihan pendidikan saat ini, sudah tidak lagi tersekat pada
batasan-batasan teritorial sebuah negara.
Perubahan-perubahan sistem pembelajaran seperti transnational education,
internet based learning, distance learning, kampus-kampus jarak jauh (offshore
campus), franchise institution, telah berkembang sedemikian rupa pesatnya di
berbagai negara. Hal ini memberi kesempatan kepada pelajar, mahasiswa dan
masyarakat pada umumnya untuk memilih lembaga pendidikan dan atau sistem
pembelajaran yang diinginkannya.
Persaingan global pun
sangat terbuka bagi pelajar mahasiswa yang berprestasi dan cemerlanga, karena
di era global ini banyak negara yang menjadikan pendidikan menengah dan
pendidikan tinggi sebagai salah satu komoditi ekspor. Sepanjang sejarah
kemanusiaan baru di era inilah masyarakat pendidikan, pelajar, mahasiwa,
pengajar, dan civitas akademika lainnya mempunyai kesempatan untuk masuk dalam
apa yang disebut sebagai pasar dunia atau global market.
Bagi para pendidik dan pimpinan lembaga pendidikan di Indonesia, era ini tentu
saja memberikan banyak kesempatan sekaligus sebagai sebuah ancaman, atau
setidaknya tantangan atau bahkan era ini merupakan kesempatan bagi bangsa
Indonesia untuk bangkit menyejajarkan dirinya dengan negara-negara lain di
dunia.
Ancaman yang sangat mengerikan bila bangsa Indonesia tidak mengantisipasi
faktor pendidikan di era globalisasi ini adalah runtuhnya tatanan kehidupan
berbangsa dan bernegara dalam arti luas. Sumber daya manusia yang dimiliki
tidak mampu bersaing dalam berbagai sektor kehidupan membuat Indonesia semakin
terdesak mundur dan kalah dalam persaingan menata kehidupan sosial, ekonomi,
politik, pertahanan, dan lainnya.
Beberapa tahun
belakangan ini banyak sekolah di Indonesia melakukan globalisasi dalam sistem
pendidikan internal sekolah. Dalam hal ini terlihat dengan diterapkannya bahasa
asing seperti bahas Inggris, bahasa Mandarin dan bahasa Jepang sebagai mata
pelajaran wajib di sekolah, yang dikenal dengan billingual school. Selain itu
berbagai jenjang pendidikan mulai dari sekolah menengah hingga perguruan tinggi
baik negeri maupun swasta membuka program kelas internasional/ standart
internasional.
Globalisasi pendidikan
dilakukan untuk menjawab kebutuhan pasar akan tenaga kerja yang berkualitas,
dengan harapan tenaga kerja Indonesia dapat bersaing di pasar dunia. Apalagi
dengan diterapkannya perdagangan bebas, mau tidak mau dunia pendidikan
Indonesia harus menghasilkan lulusan yang siap kerja agar tidak menjadi “budak”
di negeri sendiri. Seiring dengan peningkatan kualitas pendidikan hendaknya
selaras dengan kondisi masyarakat Indonesia saat ini. Tidak dapat dipungkiri
bahwa masih banyak masyarakat Indonesia yang berada di bawah garis kemiskinan.
Dengan melihat kenyataan ini, untuk dapat menikmati pendidikan dengan kualitas
yang baik tadi tentu saja memerlukan biaya yang tidak sedikit.
Hal ini merupakan salah satu
pengaruh globalisasi pendidikan, sebagai contoh : Untuk dapat menikmati
pendidikan pada program kelas Internasional di suatu sekolah diperlukan dana
yang tidak sedikit, dan ini hanya dapat dinikmati golongan kelas atas yang
mapan. Dengan kata lain yang maju semakin maju, dan golongan yang terpinggirkan
semakin terpinggirkan dan tenggelam dalam arus globalisasi yang semakin kencang
yang akan menyeret mereka dalam jurang kemiskinan.
Kemiskinan
merupakan masalah utama yang ditimbulkan globalisasi, globalisasi membuat yang
kaya semakin kaya dan yang miskin semakin miskin. Kesenjangan ini dapat memicu
kecemburuan yang berpotensi menjadi konflok social. Peningkatan kualitas
pendidikan yang sudah dicapai akan sia-sia jika ada gejolak social dalam
masyarakat, ini terjadi akibat adanya kesenjangan social akibat kemiskinan dan
ketidakadilan.
Oleh
karena itu, perlu adanya langkah-langkah antisipasi untuk menyiapkan,
menemukan, memperbaiki dan menahan gejolak tersebut ditekan seminim mungkin
agar tidak terjadi. Dilihat dari kepentingan nasional, globalisasi pendidikan
itu lebih banyak ruginya dari pada untungnya. Sebab jika Indonesia menerima
globalisasi pendidikan, dapat dipastikan akan mengakibatkan dampak yang sangat
luas dalam pelaksanaan pendidikan.
Dalam berbagai hal
pendidikan nasional kita masih jauh tertinggal dibanding pendidikan di
Negara-negara maju. Walaupun demikian pemerintah kita tidak tinggal diam,
terlebih pendidikan di Indonesia menjadi tanggung jawab pemerintah guna terus
mengadakan perubahan. Langkah-langkah pmerintah yang telah diambil, antara lain
adanya peningkatan mutu dan kualitas kelulusan sekolah, peningkatan kualitas tenaga
kependiikannya dengan adanya sertifikasi guru.
Kemajuan Teknologi
Informasi dan Komunikasi dewasa ini telah banyak mengubah budaya dan peradaban
bangsa Indonesia dengan segala dampak positip dan negatifnya. Kalau kita
perhatikan pada tahun 90-an,
1. Masih banyak gedung bioskop baik di kota maupun dipelosok desa dan banyak
peminatnya, serta banyak orang hajatan yang memanfaatkan hiburan baik layar
tancap maupun video,
2. Wartel masih sangat laku dimana-mana sampai banyak sekali orang yang
berminat buka wartel dan berebut yang membuat telkom jadi bingung serta membuat
suatu peraturan yang dijadikan syarat untuk mendirikan wartel,
3. Telepon kabel/rumah banyak sekali peminatnya dan telkom kerepotan untuk
melayani masyarakat
4. Di kantor-kantor jarang ada komputer, karena komputer masih menjadi barang
yang mahal
5. Di Perguruan Tinggi dan sekolah, belajar dengan menggunakan OHP sudah
dianggap kere
Coba
bandingkan dengan apa yang terjadi sekarang (tahun 2010), tentu sebaliknya.
Teknologi berkembang sangat pesat, pemerintah juga jadi kerepotan dan akhirnya
mengubah kurikulum pendidikan di Indonesia disesuaikan dengan tuntutan era
globalisasi.
1. Dampak positif globalisasi
pendidikan adalah sarana dan prasaran pendidikan seperti alat sekolah, alat
peraga, pakaian, komputer beserta perangkat lunaknya.
2. Dampak negative globalisasi pendidikan adalah dengan murahnya harga barang
kebutuhan pendidikan tentu kretifitas anak-anak indonesia akan menurun, lebih
baik membeli murah dari pada membuat tapi mahal.
Bagaimana pendidikan
masa depan, kalau kita perhatikan di era globalisasi yang dibutuhkan adalah
bagaimana diri kita dapat diterima keberadaannya di belahan dunia manapun,
dengan bekal sertifikat Nasional apakah cukup tentunya untuk menghadapi era
globalisasi kita membutuhkan sertifikasi internasional sebagai pengakuan atas
eksistensi kita di level internasional, sehingga kita dapat berselancar ke
negara manapun dengan sertifikat internasional yang kita miliki.
mungkin ke depan, peserta didik lebih memilih Ujian Internasional yang
Ijazahnya dapat dibanggakan dan dapat digunakan untuk melanjutkan studi ke luar
negerti dan mendapat pengakuan secara internasional.
masalahnya adalah :
1. Apakah sekolah siap menyelenggarakan pendidikan bertaraf Internasional untuk mendapat Ijazah
Internasional ?
2. Apakah Guru sudah kompeten dalam menyelenggarakan pendidikan ?
Bagaimana kalau tidak siap?
Globalisasi seperti
gelombang yang akan menerjang, tidak ada kompromi, kalo kita tidak siap maka
kita akan diterjang, kalo kita tidak mampu maka kita akan menjadi orang tak
berguna dan kita hanya akan jadi penonton saja.
Apa yang akan terjadi?
1. Desakan dari orang tua yang menuntut sekolah menyelenggarakan pendidikan
bertaraf internasional
2. Desakan dari siswa untuk bisa ikut ujian sertifikasi internasional
Bagaimana jika sekolah tidak mampu memenuhi harapan itu?
sekolah akan ditinggalkan oleh siswa, dan tidak ada lagi yang mau sekolah di
sekolah konvensional, maka akan bermunculan :
Home schooling, yang melayani siswa memenuhi harapan siswa dan orang tua karena
tuntutan global, virtual school dan virtual university
Bagaimana mempertahankan eksistensi
sekolah?
agar sekolah tetap eksis, maka sekolah harus:
1. Meningkatkan mutu SDM terutama Guru dalam penguasaan Bahasa Inggris dan
Bahasa Asing lainnya
2. Peningkatan Mutu Guru dalam penguasaan teknologi Informasi dan Komunikasi
3. Peningkatan Mutu Managemen sekolah
4. Peningkatan Mutu sarana dan Prasarana
5. Sertifikasi Internasional untuk guru
Persaingan untuk
menciptakan negara yang kuat terutama di bidang ekonomi, sehingga dapat masuk
dalam jajaran raksasa ekonomi dunia tentu saja sangat membutuhkan kombinasi
antara kemampuan otak yang mumpuni disertai dengan keterampilan daya cipta yang
tinggi. Salah satu kuncinya adalah globalisasi pendidikan yang dipadukan dengan
kekayaan budaya bangsa Indonesia. Selain itu hendaknya peningkatan kualitas
pendidikan hendaknya selaras dengan kondisi masyarakat Indonesia saat ini.
Tidak dapat kita pungkiri bahwa masih banyak masyarakat Indonesia yang berada
di bawah garis kemiskinan. Dalam hal ini, untuk dapat menikmati pendidikan
dengan kualitas yang baik tadi tentu saja memerlukan biaya yang cukup besar.
Tentu saja hal ini menjadi salah satu penyebab globalisasi pendidikan belum
dirasakan oleh semua kalangan masyarakat. Sebagai contoh untuk dapat menikmati
program kelas Internasional di perguruan tinggi terkemuka di tanah air
diperlukan dana lebih dari 50 juta. Alhasil hal tersebut hanya dapat dinikmati
golongan kelas atas yang mapan. Dengan kata lain yang maju semakin maju, dan
golongan yang terpinggirkan akan semakin terpinggirkan dan tenggelam dalam arus
globalisasi yang semakin kencang yang dapat menyeret mereka dalam jurang
kemiskinan.
Masyarakat
kelas atas menyekolahkan anaknya di sekolah – sekolah mewah di saat masyarakat
golongan ekonomi lemah harus bersusah payah bahkan untuk sekedar menyekolahkan
anak mereka di sekolah biasa. Ketimpangan ini dapat memicu kecemburuan yang
berpotensi menjadi konflik sosial. Peningkatan kualitas pendidikan yang sudah
tercapai akan sia-sia jika gejolak sosial dalam masyarakat akibat ketimpangan
karena kemiskinan dan ketidakadilan tidak diredam dari sekarang.
Oleh karena itu,
hendaknya pemerintah yang dalam hal ini sebagai pengemban amanat rakyat, dapat
bergerak cepat menemukan dan memperbaiki celah – celah yang dapat menyulut
gejolak tersebut. Salah satunya dengan cara menjadikan pendidikan di Indonesia
semakin murah atau bahkan gratis tapi bukan pendidikan yang murahan tanpa
kualitas. Hal ini memang sudah dimulai di beberapa daerah di Indonesia yang
menyediakan sekolah unggulan berkualitas yang bebas biaya. Namun hal tersebut
baru berupa kebijakan regional di daerah tertentu. Alangkah baiknya jika
pemerintah pusat menerapkan kebijakan tersebut dalam skala nasional . Untuk
dapat mewujudkan hal tersebut pemerintah perlu melakukan pembenahan terutama
dalam bidang birokrasi. Korupsi mesti segera diberantas, karena korupsi
merupakan salah satu yang menghancurkan bangsa ini. Dengan menekan angka
korupsi di Indonesia yang masuk jajaran raksasa korupsi dunia, diharapkan dapat
memperbesar alokasi dana untuk pendidikan.
Globalisasi dalam dunia
pendidikan saat ini memang diperlukan untuk menghadapi tantangan global. Namun
demikian globalisasi pendidikan hendaknya tidak meninggalkan masyarakat kita
yang masih termasuk golongan lemah agar kemajuan bangsa ini dapat menikmati
secara merata oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia.
Demikianlah, semoga kita dapat mengarungi arus derasnya gelombang globalisasi
dan kita tidak tenggelam dalam gelombang itu.
BAB III
PENUTUP
3.1Kesimpulan
Berdasarkan
pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa globalisasi dan perubahan merupakan
sesuatu yang akan terjadi dan mempengaruhi segala aspek kehidupan termasuk
pendidikan. Pendidikan sebagai upaya sadar sekaligus manusiawi, mau tidak mau
harus menerima perubahan akibat globalisasi, karena merupakan hal yang tidak
bisa terhindarkan. Namun agar pendidikan sebagai wahana untuk pembentukkan
jatidiri bangsa tidak luntur karena globalisasi, maka diperlukan adanya filter
agar budaya yang masuk lewat globalisasi tidak merusak pendidikan itu sendiri,
sehingga walaupun ada globalisasi warga negara tetap memperoleh pengetahuan yang
mencerahkan kehidupannya.
Kemajuan ilmu
pengetahuan dan teknologi yang disertai dengan semakin kencangnya arus
globalisasi dunia membawa dampak tersendiri bagi dunia pendidikan. Banyak
sekolah di indonesia dalam beberapa tahun belakangan ini mulai melakukan
globalisasi dalam sistem pendidikan internal sekolah. Hal ini terlihat pada
sekolah – sekolah yang dikenal dengan billingual school, dengan diterapkannya
bahasa asing seperti bahasa Inggris dan bahasa Mandarin sebagai mata ajar wajib
sekolah. Selain itu berbagai jenjang pendidikan mulai dari sekolah menengah
hingga perguruan tinggi baik negeri maupun swasta yang membuka program kelas
internasional.
Globalisasi pendidikan
dilakukan untuk menjawab kebutuhan pasar akan tenaga kerja berkualitas yang
semakin ketat. Dengan globalisasi pendidikan diharapkan tenaga kerja Indonesia dapat
bersaing di pasar dunia. Apalagi dengan akan diterapkannya perdagangan bebas,
misalnya dalam lingkup negara-negara ASEAN, mau tidak mau dunia pendidikan di
Indonesia harus menghasilkan lulusan yang siap kerja agar tidak menjadi “budak”
di negeri sendiri.
3.2 Saran
Demikian makalah ini dibuat dengan segala
keterbatasannya. Harapannya semoga makalah dari kelompok 4 ini dapat memberikan
pemahaman dan kesadaran akan pentingnya memanfaatkan TIK dalam pembelajaran.
Tentunya kami mengerti akan adanya kekurangan dalam segi
penyajian, penyampaian, penjelasan, baik buku acuan dan lain-lain, maka kami
sangat terbuka sekali dengan adanya saran dan kritikan yang membangun agar
menjadi cermin koreksi untuk perbaikan ke depannya. Atas partisipasinya kami
ucapkan terima kasih.