Tuesday, April 4, 2017

diskotomi Ilmu umum dan ilmu Agama

Tadi saya baca stastus salah satu sahabat saya, waktu di Pondok dulu. "Gak perlu malu Gaptek (GAGAP TEKNOLOGI), Malulah kamu gagap ilmu agama.
Soalnya yg dibawa ke akhirat itu Iilmu agama, bukan Ilmu teknologi" ungkapnya.
Mungkin status tersebut dianggap baik, bahkan diamini oleh sabagian besar sahabat saya, dalam kolom komentarnya. Namun tidak menurut saya, karena menurut saya, semua ilmu akan membawa dampak positif kepada orang lain jika ilmu itu dimanfaatkan dengan baik, bahkan akan sampai keakhirat kelak. Tak terkecuali ilmu teknologi tadi.
Menurut saya salah satu penyebab kemunduran peradaban umat, khususnya umat Islam adalah adanya pemisahan (dikotomi) antara ilmu agama dengan ilmu umum, padahal jika dikaji secara historis dari sejarah peradaban Islam, ilmuwan-ilmuwan muslim zaman dulu di samping ahli pada bidang ilmu pengetahuan umum, juga ahli ilmu agama.
Ajaran Islam tidak pernah melakukan dikotomi antar ilmu satu dengan yang lain. Karena dalam pandangan Islam, ilmu agama dan umum sama saja berasal dari Allah. Islam juga menganjurkan umatnya bersungguh-sungguh mempelajari setiap ilmu pengetahuan. Hal ini dikarenakan Alquran merupakan sumber dan rujukan utama, ajaran-Nya memuat semua inti ilmu pengetahuan, baik yang menyangkut ilmu umum maupun ilmu agama.
Pandangan seperti itu, sampai saat ini masih berkembang di tengah-tengah masyakat kita. mereka menggap ilmu agama lebih penting sehingga menapikan ilmu-ilmu yang lain, begitu juga sebaliknya ada sebagian masyarakat kita, berpendangan ilmu umum lebih penting, sehingga menapikan ilmu agama.
Menurut saya, pemisah kedua ilmu tersebut awalnya hanya sekedar spesifikasi, agar terjadi penggalian ilmu secara mendalam yang profesional dan mampu mengaktualisasikan untuk kemajuan peradaban, hanya saja belakangan telah terjadi stigma (anggapan) yang sangat jauh, sehingga timbul kesan ilmu agama hanya mengarah pada pembentukan spiritual saja dan tidak menganggap menyentuh pergaulan sosial sehingga menjadi pemicu kemunduran peradaban Islam

No comments:

Post a Comment

SURAT LAMARAN KERJA

Sukabumi . 17 Februari 2017 Perihal : Lamaran Kerja Lam     : - KepadaYth : Bapak/ibu Bagian Personalia/HRD PT.  ANGIN RI...